RSS

Tips buat hidup semangat

29 May

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat hidup jadi lebih bersemangat.

1. Nikmati cahaya matahari
Kekurangan sinar matahari merupakan salah satu alasan mengapa orang merasa mudah lelah. Penelitian menunjukkan bahwa cahaya matahari bisa merangsang berbagai senyawa kimia di otak untuk meningkatkan mood. Untuk mendapatkan energi yang lebih banyak, sering-seringlah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat karena bisa menghirup udara pagi yang segar, dan lebih bersyukur karena masih bisa menikmati hari ini.

2. Jalan-jalan pagi

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa jalan kaki di pagi hari selama 10 menit bisa meningkatkan energi seseorang, dan menurunkan ketegangan tubuh sehingga jadi lebih rileks.

3. Bergerak dengan penuh energi

Untuk menghasilkan energi lebih banyak, cobalah untuk melakukan berbagai gerakan yang dinamis. Ketimbang meminta asisten rumah tangga di kantor untuk memfotokopi dokumen di lantai bawah, lebih baik Anda sendiri yang turun untuk melakukannya. Aktivitas ringan ini akan membantu mencegah tubuh terasa lesu karena terlalu lama duduk dan berakhir dengan rasa kantuk.

4. Dengarkan lagu favorit Anda

Musik bisa merangsang pendengaran untuk mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan energi.

5. Ngobrol dengan teman 
Dengan melakukan hal ini, Anda tak hanya bisa menyerap energi dari interaksi dengan teman. Anda juga bisa menangkap emosi mereka, sehingga energi positif dan semangat mereka bisa menular dan membangkitkan semangat Anda kembali.

6. Membersihkan meja kerja

Meja kerja yang berantakan akan menurunkan gairah untuk bekerja, karena Anda merasa ada begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Saat bosan dan tak bersemangat untuk bekerja, coba rapikan meja kerja Anda di kantor. “Saat merasa tak bisa menjalani pekerjaan dengan bersemangat, saya merapikan meja kerja. Sesaat kemudian saya merasa bahagia,” ungkap Gretchen. Merapikan meja kerja akan membantu Anda untuk menciptakan kesan seolah-olah pekerjaan Anda sudah selesai.

7. Mencoret daftar pekerjaan yang sudah dilakukan
Kita biasanya membuat semacam “to-do-list” untuk dilakukan sepanjang hari. Dari menyiapkan bahan presentasi untuk meeting di kantor, memesan air mineral dalam galon, membuat janji untuk konsultasi dengan dokter, sampai mengantar si kecil membeli bahan-bahan untuk tugas sekolah. Tanpa disadari, daftar pekerjaan seperti ini bisa membuat Anda merasa terbebani. Lain kali, coba berikan prioritas untuk pekerjaan yang harus dilakukan lebih dulu. Setelah selesai satu pekerjaan, coret pekerjaan tersebut dari daftar Anda. Jika ada pekerjaan lain yang bisa dilakukan sepulang dari kantor, pindahkan pekerjaan tersebut pada bagian terbawah dari daftar Anda.

 

 
Leave a comment

Posted by on May 29, 2012 in Perlu Diketahui

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: